Haji Series Part 2: Suatu Malam dalam Gerbong Komuter

Untitled
Menara Masjid Abu Bakr Ash-Shiddiq, Madinah - 7 Muharram 1439


Suatu siang di hadapan CS Bank Muamalat.

“Assalamu’alaykum, saya mau buka tabungan haji.”

Customer Servis menjelaskan, saya mendengarkan. 

Bank ini bank favorit saya sejak lama. Tepatnya, sejak mendengar penjelasan tentang riba bank konvensional dari marcomm-nya langsung, dahulu kala ketika masih siaran morning show di Trijaya FM. Bank Muamalat adalah yang pertama dan satu-satunya murni syariah saat itu. Beberapa waktu setelahnya saya buka tabungan pertama di bank ini. Ternyata pelayanannya sangat memuaskan dan sangat memudahkan nasabah. Sementara di bank lain semua urusan printilan, seperti kartu hilang misalnya, lumayan ribet pengurusannya, tidak di Bank Muamalat. Ketika di bank lain memberlakukan fee ini dan itu, penalti ini dan itu, tidak di Bank Muamalat. Lambat laun, saya tutup semua akun di bank konvensional dan hanya punya akun di Bank Muamalat saja. Sampai sekarang, akun utama saya masihlah akun yang lama itu, yang saya buka 20 tahun yang lalu.

Tabungan haji dan umroh ada yang pengisiannya auto-debit, ada yang tidak. Saya memilih non auto-debit karena pekerjaan saya freelance dengan penghasilan tidak tetap. Saya mulai berhitung dalam kepala. Kalau saya bisa menyisihkan 500 ribu rupiah saja sebulan, maka dalam 5 tahun, insyaAllah saya bisa mendaftar haji. Ketika hitungan manusia berjalan, saat itu segalanya terasa real. I almost can taste it on my tongue. I got so excited! Semangat sekali saya, ketika menyadari bahwa ini ternyata sangat achieveable. Ngapain aja selama ini saya dengan duit jajan saya? Habis tak berguna makan-makan dan beli-beli?

Selama ini saya tidak pernah berhitung. Tidak pernah mengambil langkah nyata. Tidak pernah menuangkan di atas kertas, apa yang harus saya lakukan untuk mewujudkan cita-cita ini. Padahal air mata selalu membasahi wajah setiap kali lewat tayangan di televisi memperlihatkan Ka’bah dan jama’ah yang tengah melakukan tawaf. Tiap kali hanya bercita-cita di hati, kelak akan ke sana. Tapi tidak ada bukti. Tidak ada langkah pertama.

Bertahun-tahun setelahnya barulah saya lakukan my first baby step.

“Ya mbak, saya mau buka tabungan haji.”

I put down my first 500k into my new hajj saving account. Dengan kupu-kupu menari menggelitik di dalam perut saya. Sangat bahagia.

——-

Suatu malam dalam gerbong komuter bersama seorang sahabat.

“So, loe mau ngapain sekarang?”

“Gue udah buka tabungan haji. Gue mau pergi haji.”

——-


Next chapter: Suatu Sore di Sebuah Food Court



Comments