Wayag. Where Time Stands Still.

Wayag 8

Kami tidak bermalam di Gebe. Sesudah sholat dan makan, melanjutkan perjalanan. InsyaAllah sore ini akan masuk gerbang Raja Ampat dari arah barat: Wayag.

Sore menjelang, dari kejauhan terlihat daratan berbentuk puncak-puncak limestones. Semakin dekat semakin banyak! Akhirnya terlihatlah jajaran limestones sambung menyambung menyembul dari laut yang bening biru turquoise, bagai gapura menyambut kami yang tertegun di bumi Nuu War nan indah milik Allah. Allahu akbar.

Raja Ampat 32

Kapal langsung menuju dermaga utama di Wayag. Hari sudah sore, meneroka limestones harus menunggu esok pagi.

Kami bermalam di penginapan resmi milik pengelola Kawasan Konservasi Laut Wayag, Taman Nasional Raja Ampat. Tapi sudah bisa diduga, untuk urusan tidur, hampir semua memilih menggelar sleeping bed di dermaga. Sleeping above the sea, under the stars!

Wayag 1

Di Wayag, pantainya bening perawan, bahkan ikan hiu kecil tidak ragu-ragu berenang hingga ke pantai. Tidak takut diburu manusia. We swam sepagian di pantai barengan hiu-hiu bebas berenang gembira ria, tidak ditangkar hingga stress dan mati seperti teman-temannya di Karimun Jawa (alhamdulillah sekarang sudah dibongkar tempat penangkaran itu). Meliuk-liuk mereka di bawah kami, swimming so adorably graceful. Allahu akbar.

Raja Ampat 313

Raja Ampat 318

Ada tiram raksasa yang membuka dan mengatup pelan. Persis seperti di film-film kartun. 

Penjelajahan limestones Wayag was more that we expected. We expect this magnificent view seperti yang sering terlihat di majalah dan di media sosial. Kenyataannya, jauh lebih indah. Allahu akbar. We're probably lebay, but yes, ada pekik tasbih dan air mata. Ada buncahan di dada yang tidak bisa dijelaskan. Ada hening dan sesak nafas. Dan gak mau turun dari puncak limestones. Kalau bukan karena hari yang semakin siang dan matahari sudah sangat tinggi dan membakar, menolak turun, gak mau. 

Allahu akbar, yaa Rabbii. Betapa sedikit kami bersyukur.

Wayag 9

PB223782

Raja Ampat 326

Raja Ampat 330

Wayag 7

Comments