...
Liburan kemarin menyisakan banyak cerita. Termasuk cerita sakit gigi, kamera andalan rusak (jatuh di Ice World! Huaaaa!!!!!!!!!!!), keponakan punya pacar baru, hingga yang menyedihkan seperti teman sekolah Anya yang sering dipukul ibunya. Termasuk juga, tentang 4 perselingkuhan.

"Hah???! Na'uzubillahi min zalik.... Kapan? ........ Oya? ............ Haduuu..."
Telinga saya langsung tegak. Ada apa nih? Kok pake nauzubillahi min zalik segala sih mpok gue ini ngobrol di telpon. Udahannya langsung saya todong. Pengen tauuuu aja..

"Tommy, suaminya Alin, selingkuh!"
"Na uzubillahi min zalik...," nah jadinya saya nyebut juga. "Ketauannya gimana?"
"Si Nia keceplosan (Nia kakaknya Alin)," kakak saya langsung ambil posisi curhat. "Kan lagi pada ngumpul makan niiiih.. berlima di Plaza Senayan."
"Siapa aja?"
"Biasa deh, satu gank minus gue. Nia, Alin, Erna, Sylvie, Vera."
"Terus?"
"Naaah, Nia ujug-ujug nanya ke Sylvie, tau tempat 'orang pinter' gak, yang bisa tau apakah seseorang under spell apa nggak. Sylvie bilang, dia taunya tempat pengobatan alternatif, bukan urusan guna-mengguna. Terus kan Sylvie jadi nanya donk, emangnya ada apa. Ya udah deh, Nia terpaksa terus terang. Dia bilang dia pengen tau si Tommy itu diguna-guna orang apa nggak. Nahlo, kan Sylvie makinan nanya ada apa. Akhirnya, mau gak mau, ceritalah si Alin tentang suaminya itu."
"Alin taunya gimana?"
"Akhir-akhir ini emang si Tommy itu suka telponan malem-malem lamaaaaaa banget. Alin tidur, kebangun malem, Tommy masih telponan. Pernah nih, pas Tommy lagi telponan, mati lampu. Orang rumah sibuk ngurusin lilin dan lain-lain, Tommy tetep telponan!"
"Hmm.."
"Dan kayaknya sih udah berlangsung lama deh.. Soalnya ternyata terungkaplah, bahwa dari mulai nikah 6 tahun yang lalu, yang ngebiayain operasional rumah tangga tuh si Alin, bukan Tommy. Termasuk nyicil rumah dan sewa apartemen selagi rumah dibangun."
"Aaah...."
"Terus beberapa waktu lalu, kebetulan tagihan kartu kredit belum kebayar, Alin minta uang ke Tommy. Eeh, Tommy malah marah-marah dan bilang gak punya uang!"
"Uh-uh. Terus dikonfrontasi gak?"
"Pas ceritanya belum selesai, eh si Tommy nongol jemput Alin. Jadinya berhenti deh ceritanya. Gue juga nungguin kelanjutannya nih gimana."
"Ya Allah.."
"Gue udah cerita belon sama elo, ternyata si Erna juga pernah selingkuh?" Erna salah satu gank mereka juga.
"Hah??! Erna??"
"Gue belom cerita ya? Iya si Erna. Heran kan lo?"
"Bangeeet....," saya masih melongo.
"Ketauan lagi, sama suaminya. Sampe ditongkrongin tuh si Erna sama suaminya. Makan siang dijemput, pulang kantor dijemput. Alhamdulillah sih gak cere'."
"...."
"Kalo dulu Andri sempet selingkuh juga, gue udah cerita belom?" Andri suami Nia.
"Yang sama pembantu itu?"
"Bukaaan....., itu sih waktu belom nikah. Ini yang sesudah nikah."
"Ya ampun, .........lagi? Jadi dua kali?"
"Yoi. Fotonya cewek itu ditemuin Nia di file-file kerjanya Andri. Kasusnya panjang tuh, gue sampe lupa gimana detailnya, saking seringnya Nia ngupdate gue. Tapi akhirnya Nia memutuskan untuk memaafkan Andri."

Sampai malam hari saya dan kakak masih memikirkan dan membicarakan perkara perselingkuhannya Tommy.

Kok ya kebetulan. Sehari sebelumnya, seorang sahabat saya baru saja cerita, bahwa suami teman kami ketahuan selingkuh juga. Ketika dikonfrontasi, sang suami justru balik marah dan malah menyalahkan sang istri, karena jadi penyebab berakhirnya hubungan dia dengan sang kekasih gelap.

Too much information in one vacation!
...